1. kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia;
2. kemampuan untuk menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan;
3. kemampuan untuk mendapatkan sesuatu atau memberikan penghargaan dalam budaya
seseorang.
1. Setiap orang memiliki 8 kecerdasan;
2. Orang dapat mengembangkan setiap kecerdasan sampai pada tingkat penguasaan yang
memadai;
3. Kecerdasan-kecerdasan ini umumnya bekerja bersama dengan cara yang kompleks;
4. Banyak corak untuk menjadi cerdas dalam setiap bidang.
1. Kecerdasan LINGUISTIK
Ciri-ciri:
- kecakapan berkomunikasi, berkata-kata, membentuk bunyi-bunyian, kata berirama,
menyenangi puisi;
- mudah mengungkapkan perasaan dengan kata-kata;
- senang membava dan menulis;
- orator atau pembicara yang fasih.
2. Kecerdasan LOGIKA-MATEMATIKA
Ciri-ciri:
- kemampuan deduktif;
- menyukai hal-hal yang berhubungan dengan angka dan berhitung;
- menyukai eksperimen;
- menyukai pelajaran eksak;
- senang menganalisa;
- menyukai matematika.
3. Kecerdasan MUSIK
Ciri-ciri:
- kemampuan berirama, mengenali nada, bergoyang-goyang;
- senang bernyanyi atau mendengarkan musik dimana pun berada;
- peka terhadap nada dan irama;
- dapat membedakan nada.
4. Kecerdasan VISUAL-SPASIAL
Ciri-ciri:
- menyukai bidang seni rupa (lukis, patung);
- senang merekam peristiwa;
- senang menggambar.
5. Kecerdasan KINESTETIK
Ciri-ciri:
- kemampuan untuk memanipulasi mental, pikiran;
- menyukai gerak tubuh;
- menyukai aktivitas tubuh.
6. Kecerdasan INTERPERSONAL
Ciri-ciri:
- kemampuan mengenali bahasa tubuh (tersirat dan tersurat);
- pandai berkomunikasi;
- senang melakukan aktivitas yang menyangkut orang banyak.
7. Kecerdasan INTRAPERSONAL
Ciri-ciri:
- skill untuk introspeksi diri;
- memiliki buku catatan harian;
- sensitif terhadap nilai diri;
- menyadari kelebihan dan kekurangan diri;
- senang berekreasi sendiri.
8. Kecerdasan NATURAL
Ciri-ciri:
- senang memelihara binatang peliharaan dan tanaman;
- minat besar terhadap flora dan fauna;
- peduli lingkungan;
- menyukai alam
1. Faktor keturunan (bawaan/ genetik);
2. Faktor lingkungan.
1. Linguistik: ajak bercakap-cakap (ketika dalam kandungan juga), dibacakan cerita,
menyanyikan lagu;
2. Logika-Matematika: latih mengelompokkan, menyusun, merangkai, bermain angka,
catur, monopoli, komputer, puzzle, teka-teki;
3. Visual-Spasial: mengamati gambar, foto, melipat, permainan komputer;
4. Kinestetik (Gerak Tubuh): latih berdiri dengan satu kaki, jongkok, membungkuk, berjalan di atas satu garis, berlari, melompat, senam, menari;
5. Musik: latih bernyanyi, memainkan alat musik;
6. Interpersonal: bermain dengan anak yang lebih tua, saling berbagi kue; mengalah,
permainan mengendalikan diri, mengenal berbagai suku bangsa;
7. Intrapersonal: menceritakan perasaan, keinginan, cita-cita, pengalaman, berkhayal;
8. Naturalis: memelihara tanaman dalam pot, memelihara hewan peliharaan, rekreasi ke
kebun, ke kebun binatang.
Indra Kusumah, S.Psi. PRA EXCELLENT PARENTING TRAINING
Sabtu, 16 Februari 2008 (Aula SMA Darul Hikam Jl. Tubagus Ismail)
1 comment:
assalamu'alaikum wr wb
thx atas salinan tulisannya
wslm
Post a Comment